Latar Belakang, Tujuan dan Fungsi PDF Print E-mail

A. LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 Pasal 35 sistem pendidikan nasional dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin didukung dengn baik bilamana tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “Salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah Perpustakaan Sekolah” ysng memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan. Sedangkan dalam kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, sedangkan dalam Undang-undang Pendidikan Nasional yang baru Nomor 20 Tahun 2003 pasal 45 tidak secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan jalur pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar”. Namun Undang-undang tersebut menyatakan bahwa “setiap sataun pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik. Secara implicit perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaannya harus memenuhi ketentuan tersebut.

Dengan memperhatikan Undang-undang tersebut maka Perpustakaan sekolah perlu ditumbuh kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu perpustakaan “WIYATALOKA” SMP Negeri 1 Randudongkal berupaya untuk mengembangkn dan meningkatkan dalam pengelolaan Perpustakaan.

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran perpustakaan “WIYATALOKA” SMP Negeri 1 Randudongkal perlu diperhatikan hal-hal antara lain :

- Kondisi gedung / Ruang Perpustakaan.

- Petugas Pengelola / Sumber Daya Manusia ( SDM ).

- Bahan koleksi dan Pengolahannya.

- Sumber Dana.

Dengan didukung gedung/ ruang perpustakaan yang memadai seta petugas pengelola yang handal akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.

Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik memapu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetuhuan dan teknologi.


B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Selain untuk mengaktualisasi UU No. 2 Tahun 1989 Pasal 35 Tersebut, Perpustakaan Sekolah memounyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.


C. FUNGSI PERPUSTAKAAN

Perpustakaan sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat stratetis sebagaimana Surat Keputusan Nomor:108/1981 tentang pokok-pokok kebijakan pembinaan dan pengembangan perpustakaan di indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut perpustakaan sekolah mengembangan fungsi sebagai berikut :

1. Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar,

2. Sebagai pusat penelitian sederhana,

3. Sebagai pusat sarana dan prasarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca,

4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik,

5. Sebagai tempat rekreasi,

6. Sebagai pusat dokumentasi dan Informasi ( PUSDOKINFO).

 
Slideshow is powered by phatfusion, Adobe Photoshop Cs4
Design by Next Level Design